Hello Hungary

•November 23, 2018 • Leave a Comment

So so so,,akhirnya saya ketrima beasiswa S3 Stipendium Hungaricum 2018-2019. The decision to take this opportunity was quite hard ya karena harus ngelepasin kerjaan di Indo yang posisinya udah lumayan plus gaji2nya juga ahahaha. Tapi saya udah ngejar S3 ini sejak 4 tahun yang lalu, di mana 2 tahun yang lalu failed untuk beasiswa Polandia. Krik2. Jadi akhirnya saya ambil aja beasiswa ini.

How about the future? I still don’t know, but I will find a way..

Pilihan pertama : Corvinus University di Budapest. Result : Failed, padahal Cuma di interview doing, keseel

Pilihan kedua : Szechenyi Istvan University. Result : berhasil

Pilihan ketiga : Szent Istvant Unversity. Result : berhasil

Jadi yang saya ambil adalah pilihan kedua yang lokasinya ada di Gyor, Hungary.

Kalau naik kereta satu setengah jam dengan harga student 1677 an HUF alias sekitar 80 ribu rupiah sekali jalan.

Nah taun ini saya ke sini kebetulan barengan banget sama adik saya, yang juga ketrima beasiswa S2 di Hungary. Hmm,, dia sih ketrimanya tahun lalu, tapi dia postpone karena dia harus beresin S2nya dia yang di UI Indonesia. Eh taunya ga beres juga,,grrr.

How was Hungary? Am I happy?
Sampai saat ini sih masih happy karena terutama di Gyor suasananya sumpah sangat tenang, gak ribet dan ribut kayak Jakarta ahahahaha.

Cuman Budapest lebih asik sih kayaknya. Btw adek saya ketrima di Corvinus, kan kalo gw juga ketrima bisa barengan kan ya. Mungkin ini udah jalannya, biar dia bisa bebas ngapa2in ahahaha.

So hopefully I can finish this thing sampe 4 tahun ke depan. Oiya between that, pastinya bisa aja berubah atas keputusan atau jalan hidup ehehehe. Wish me luck

IMG_20180923_170301_1

IMG_20181007_152818

Advertisements

One of a kind for entrance exam

•May 29, 2018 • Leave a Comment

How do you think you should use the knowledge gained in the courses concerning the currently best Complex Networks’ framework for the description of complex and self-organizing systems in your research?  

Complex systems has attracted extensive study not only in the physics but also in the computer science studies. The structural properties of complex networks in engineering infrastructure, social communities, biological systems and also supply chain system. Complex system in a network is connected by a set of edges which interact with each other. The example in supply chain area set of nodes of some of players, such as warehouse, distributors and retailers. In those complex network, it is difficult to manually optimize. Simulation model is one of the way to optimize its system.

Simulation model is a mathematical representation of the problem. Based on these problems, alternative solutions can be generated and solutions that can be taken by decision-makers, it can also visually illustrate the insights and hypothesis testing. The most important thing in a simulation model is learning the complex system.

Simulation model is the imitation of an operation which performed on a real system. Simulation is the creation of a model to be represented on a computer system that the contents of the information from the system to be studied. The difference between simulation approaches and analytical approaches in general is incompatible, because the method of analysis usually is purely theoretical.

To optimize the complex system of supply chain is to include feedback loop into the simulation model. Based on that, the feedback can be useful as an input to self-organizing so that the network able to find the most optimal solution.

 

How do you think you should use the knowledge of the “bullwhip effect” and its main reasons during your research?

Bullwhip effect is one of phenomenon which explain on yield forecast from one channel to another channel that refer to the increasing swing in inventory. This situation happened because of saving some product as an inventory to minimize scarcity product when ordering goods.

One part of the Supply Chain Management (SCM) in the company is inventory management. The understanding of inventory system is that a method of calculating the purchase of products that generate large-scale supply chain impact in reduced operating costs. Understanding more of the inventory is referring to items stored in the business. Losses will be obtained if the system fails in managing inventory.

There were some aspects of a successful inventory system. Lack of detailed records led to the failure of inventory system. For example, the recording of storage cost, insurance, taxes, and fees tied in stored products.

Good inventory system of perishable products is to maintain the usefulness of products as needed so as to minimize the usage time of such products or commonly referred to expiration date. There are so many companies that are not able to manage the system which can result in increasing cost savings and also a waste of the financial companies. Challenges of inventory system in general is high inventories, less inventory or stock out, setting up perishable product and all of which will lead to increased costs.

This research is to minimize bad situation on inventory calculations. Bullwhip effect is one of the bad result. Demand recording is one of the way that can help to lessen this situation happen. Observing the requirement of the product in the future demand forecasting is needed.

 

How do you think you should use the financial liberalization knowledge concerning its impact on the financial management of the corporate sectors in your research?  

Financial liberalization is one form of market in which any form of policy either price or the other there is no benchmark or coercion from other parties or government. This will encourage people to choose the best product which sold by market.

The benefit of financial liberalization is to encourage business actors to improve the quality of production due to the wider competition, namely the international market. In order to compete and survive in the sector, business people must make innovative and creative breakthroughs, and improve quality. By doing so, the products produced by the principals of a country are also higher in quality and ready to compete in the global market.

However, in the other hand financial liberalization also has the negative impact to the country’s record if it’s not able and ready to compete. If the country cannot compete in creating an innovative and quality products, it does not rule out domestic business actors will even be eliminated.

The research that I propose is concerning about supply chain process of groceries and perishable product. The main purpose is to maximize the benefit of several parties involved in the process especially in retail business area. Short life cycle is the main problem of this product. Optimize in the lead time, calculating the inventory and also manage the best transportation are the ways to improve this supply chain process.

If the corporate had a lot of improvement in each way of this supply chain things, then the society will look into it and keep buying these products. It is able to help financial management in the corporate sector to grow continuously. This situation will also impacting to the public welfare.

Sumbaaaa Trip during Long Weekend on Mayday

•May 1, 2018 • Leave a Comment

Hari 1

Kampung Kallu

Di sini adalah lokasi pembuatan dari kain-kain sumba. Tapi men harganya mahal-mahal semua, yang kecil pun harganya bisa sampe 300 ribu KYAAAA

IMG_20180428_144720

Bukit Tanarara

No words can describe the best thing of this view

IMG_20180428_163230

Pantai Walakiri

Nah pantai ini adalah pantai buat liat sunset yang bagus gt, para pohon yang udah agak rusak itu ranting-rantingnya berliku-liku. Ada yang prewed di sini segala lho. Tapi air yang tenang itu di bawahnya banyak cacing laut KYAAAA

IMG_20180428_174216

Hotel  PANDADITA BEACH, bagus banget sih kata gw ini hotel

Hari 2

Puru Kambera

Ini juga gila bagusnya, kenapa? Karena bisa liat luasnya pantai dari bukit yang bukitnya aja udah lucu banget. Lautnya biru muda biru tua tapi gak kotor gitu keliatannya KYAAAA

IMG_20180429_095112

Bukit Raksasa Tidur

Kalo ini sekalian ngelewat karena kita dari Sumba Timur menuju ke Sumba Barat sebelum ketemu sama bukit wairinding

IMG_20180429_115525

Bukit Wairinding

SAKIT SUMPAH INI KEREN BANGEEEET

IMG_20180429_124617_HDR

Kampung Praijing

Di sini sebenernya biasa aja ya kampung sambil liat sunset, Aku suka kasian soalnya ngobrol2 sama adek2nya di situ. Mreka ke sekolah satu jam dari situ jalan kaki

IMG_20180429_173832

Lapopu

Oke kalo ini adalah air terjun, bagusnya adalah bawahnya warnanya agak hijau muda dan biru muda yang lucu gitu. Kalo menurut aku sih hmm rada biasa aja soalnya yang keren tentu saja NIAGARA FALLS ahahahaha, rese

Tapi yang gila adalah menuju situ kudu ngelewatin jembatan yang hanya bisa dilewatin dua orang doang ahahaha

IMG_20180429_161942_HDR

Hotel Sumba Sejahtera = biasa aja, tapi anehnya pada suatu malam, ga ada orang jaga, pada tidur semua, hotel dikunci jadi orang yang didalem ga bisa keluar sembarangan ahahaha. Sampe jam 5 pagi LOL darinya gatau dari jam brapa

Hari ke 3

Hari pantai2an selama trip ini

Pantai Mandorak

Ini mayan oke, walo ombaknya kenceng banget ya..karena bisa foto di pinggir tebingnya bawahnya udah laut

IMG_20180430_100654_HDR

Danau Weekuri

The best pool ever, padahal danau. Ini gak ada yang nandingin di tempat yang kutau di Indonesia ya

IMG_20180430_102754_HDR

Kampung Ratenggaro

Ini juga ada yang jual kain sumba, middle lah harganya bisa di tawar. Cuman sangat murah dibandingkan dengan kampung yang pertama kali dilewatin

Ini lokasi juga bagus soalnya kampung dia punya danau dan juga pemandangannya ada lautnya segala. KYAAAA

IMG_20180430_151814_HDR

Pantai Watu Malandong

Ini juga bagus banget karena ini adalah atasnya dari pantai bwana. Gak susah jalannya. Bisa liat kiri kanan yang pantai yang bagus bangeeeet deeeeh KYAAAA

IMG_20180430_165355_HDR

Pantai Bwana

Ini adalah lokasi buat liat sunset juga, ini bagus banget dan emang terkenal. Kesusahannya adalah ke sini lewat tebing turunan yang cukup terjal. Ada tangganya sih, gw gapapa ga cape tapi klo jarang olahraga kayaknya lek lok deh hahahaha kasian. Plus wajib harus bawa 2 orang guide yang padal kita gamau book…zzzz

IMG_20180430_174334_HDR

Hari 4

Sunrise in Lendongara

Kalo punya kamera bagus,,ini keren bangeeeet. Look at this view hahaha

IMG_20180501_054918_HDR

Ini semua hanya pake kamera HP biasa, sumpah jadi pengen beli kamera beneran hiks. beliin dong gaizz

 

Dreamboard 2018 – Umrah

•May 1, 2018 • Leave a Comment

How do I feel about Umrah?

Hmm,, seneng banget sih sebenernya udah umrah. Padahal niatnya hanya di agak akhir tahun 2018, namun mungkin ya universe itu mendukung. Ibu minta aku pergi bulan Februari, dan entah mengapa gw itung-itung akhirnya akhir taun is not possible, tengah taun juga ga mungkin dan bener2 deh masa feasiblenya bulan Februari. Ini aneh banget gaiz.

IMG_20180227_042042

Dengan adanya tabungan, ya udah laah gw pergi aja, plus udah izin sama atasan dan di oke in pula, jarang-jarang banget. Lalu hal yang rada sulit itu adalah suntik meningitis di mana sbenernya gak ada yang weekend, eh ternyata baru bulan Nov di RS Fatmawati mulai ada yang weekend men, bahkan di RS Tanjung Priok yang asalnya ada weekend ditutup men. Alhamdulillah banget. Temen kantor ada yang pernah suntik ini di weekday dan kena omel. Ternyata pas aku cobain sendiri, iya bener banget prosesnya lama, trus bayar2 lalalalilili bisa 3 jam, padal gw udah dateng dari jam 8 teng, tenyata orang-orang lebih sigap parah.

Menuju kepergian, gak nyiapin apapun, baju semua semacem gak peduli, tanggal menstruasi juga kok rasanya ampir kena pas brangkat, tapi setelah diitung dengan baik2, bebas dari segalanya. Baju juga banyak yang pinjemin orang-orang baik2 banget. Thank nunik,tante fitri dan dian.

IMG_20180227_164255

Harusnya sih kayaknya gw bisa deh ngantor dulu setengah hari tapi riskan banget akhirnya aku dari Bandung brangkatnya bareng sama yang lainnya. Day 1 hanya pergi dari bandung sampai dengan naik pesawat Suadi Arabianya jam 7 di CGK hahaha, waste di jalan sih tapi taka pa aku ngobrol sama ibu bapak.

Sampe di Arab sekitar jam 4 pagi waktu di sana, dan perbedaan waktu Indonesia dan Arab adalah 4 jam. Segera ganti baju ihram untuk melaksanakan thawaf..AKU PANIIIIK karena mau ketemu sama ka’bah. Aku takut karena aku banyak dosa euy…Alhamdulillah di lancarkan atas thawaf pertamanya. Di sini BUANYAAAK banget orang, walaupun bukan musim haji, kok ya tetep banyak orang ya. Dan selalu penuh di waktu-waktu solat kayak bejibun keluar masuk masjidil haram. Jadi mekah di mana ada Ka’bah itu di sebut tanah haram.

IMG_20180301_151624

Untuk hari pertama di Mekah dihabiskan dengan thawaf, sa’I dan tahalul. Memang sih lelah karena jalan terus tapi yang lain aja kuat, masa aku nggak kuat sih. Malu sama eyang. Sehari-hari kalau di Mekah memang focus banget sama ibadah, paling leha2 dikit banget kayak makan, mandi dan beli oleh2 yang hanya beberapa waktu aja. Lalu hari esoknya kita berkeliling kota ini semacam pergi ke tempat2 lainnya yaitu Jabal Rahmah, tempat lempat jumrah dan lainnya. Termasuk ngeliat dari jauh si gua hiro tempat Muhammad bertemu dengan Jibril. Subhanallah. Arab selain tempat2 besar umum gitu, isinya tanah doang. Serem juga sih kalo ditinggal di pinggir jalan.

Hari terakhir kita melakukan thawaf wada, kalo diitung sih ya, aku thawaf udah berkali-kali banget, lupa brapa, apa 4 atau 5 ya. Lupa karena ke sini mau ngapain lagi sih masa leha2 dan tidur. Cuman aku shock, bapak kuat banget bahkan mau lanjut thawaf lagi lho.. Thawaf wada sedih banget menurut aku juga doanya juga sedih banget. Kalo bisa ke sini lagi aku seneng banget sih, iya tanpa kerja dll. GRATIS tapi masih bisa hidup plis. Jadi ibadahnya khusuk hahaha. *seenak2nya

IMG_20180228_024952.jpg

Menuju Madinah yang cukup lama, sekitar 6 jam. Aku shock lagi karena mesjidnya keren bangeeet. Emang sih di sini lebih slow feelnya dan gak grusak grusuk. Cewe cowo dipisah pula jadi rada aman kalo sholat. TAPI tershock dari segala shock adalah di sini = RAUDHAH.. aku sumpah sedih banget, bukan apa-apa tapi di sini adalah tempat mustajab doa. Dan semua orang di seluruh dunia yang lagi di sini berlomba-lomba untuk berdoa di lokasi yang cukup kecil ini. Itu desek-desekan, dorong-dorongan dan lain sebagainya dan sakit. Aku nggak ngerti deh, kita kan disini sama-sama tapi kayak ngeri gitu rebutan, padahal sama-sama doa. Kalo aku bisa menggambarkan, it’s like kalo itu adalah batas surga dan neraka dan tempat itu di neraka, siapa sih yang gak berlomba-lomba untuk pindah ke surga. Dunia ini hanya sementara, semuanya rebutan biar mendapatkan perhatian dari Allah SWT. Emang sih gak semua orang akan di perhatiin, tapi T_T aku sedih banget pokonya. Aku percaya Allah akan selalu bersama kita. Dan setiap permintaan ada yang dikabulkan langsung, ada yang nanti, ada yang diganti dan diwujudkan dengan hal yang lebih baik untuk orang tersebut. T_T sedih banget.

Ibu keren banget, ibu yang ngajakin aku untuk ngelakuin sholat di Raudhah kedua kalinya. Aku Cuma berhasil 2 kali sih ngelakuin doa di sini, karna aku slalu sedih setiap ke sini. Shocknya gak berhenti-berhenti. Sedih banget.

Apa yang aku suka dari Madinah, the mosque, the weather, people, ambience. AAAAK boleh gak aku tinggal di sini tapi tetep tanpa kerja, ibadah aja hahaha..

Keesokannya di mana h-hmm kayaknya 2 pulang, baru deh muter-muter Madinah, kayak ke Mesjid Kuba, terus tempat jual kurma gitu, tapi gak semurah di pasar kurma yang deket banget sama Mesjid Nabawi.. aaak love banget.

Hari jumat akhirnya pulang, kalo gak salah jumat ya hahaha. Malemnya kita menuju kembali ke bandara King Abdul Aziz dengan mampir ke pertokoan yang murah, ah lupa namanya tapi horeee akhirnya aku beli lagi parfum kesayangan aku CK In2YouHer hehehe. Remind me to CK In2YouHim deh xixixi. You know who it was. LOL

Oke basically pulang-pulang ke Indo aku makan MIE, oh indomie seleraku hahaha

2018 Dreamboard of Me

•February 18, 2018 • Leave a Comment

No one said it will be easy

Dreamboard 2018

Bismillah ya Allah

2017 Result of Me

•February 18, 2018 • Leave a Comment

hmm,, coba lagi liat kebelakang,,

Dreamboard 2017

International driving license = Done

Canada = Done

Work abroad = Failed

Tahajud = 50%

Love life = Failed

Financial target = Done

Lupa ketulis = setahun 2 run medals = Done

Hadeeeuuh..tetap semangat ya gaizzzzzz….

 

Thailand – Perjalanan ke Barat

•January 23, 2018 • Leave a Comment

Ini adalah Negara terakhir yang dikunjungi, karena Ais baru beberapa lalu ke Thailand, jadi dia gak ikutan. Dia stay di laos sehari tambahan untuk balik ke Jakarta duluan.

Kita bertiga (gw, hani dan nunik) yang akhirnya pergi ke Thailand, nah sebenernya si hani udah pernah tapi dia ikut lagi,,hore thank you hani.

Hari pertama :

IMG_20170925_222138_HDR

Ke asiatique, tempatnya entah mengapa kudu naik perahu ke sananya. Gw rasa kalo lewat darat tuh lebih muter lagi dan lebih mahal. Lagian sekalian liat-liat lewat laut gapapa lah ya.. hahaha

Di sini akhirnya makan-makanan Thailand apa aja deh yang penting restonya sepi, abis itu kita muter2, banyak yang jualan baju dan lain sebagainya yang murah-murah banget sumpah asik banget pengen ke sini lagi kyaaa.

Hari kedua :

Ke seluruh temple yang terkenal2 gitu hahahaha. Macem ke Wat Pho, Wat Suthat sama asalnya sih maunya ke Grand Palace,,pengen liat aja sih kayak apa. Taunya dikarenakan raja baru meninggal satu tahun lalu, jadi dia masih di makamin di Grand Palace. Jadinya hanya beberapa spot aja yang bisa dimasukin di Grand Palance. Karena ogah rugi soalnya tiket Grand Palace mayan mahal juga ternyata, akhirnya ke Wat Arun aja dan ini juga bagus lho, mana bisa minjem baju adatnya si orang Thailand ini hahaha kocak.

Malemnya kita ke Siam Paragon deh kalo gak salah, nah ini sambil beli oleh2 sama makan malem yang dibarengin dengan gweee meeting SIAWARE hwakakakakak geblek.

IMG_20170926_165623

Hari ketiga :

Dikarenakan gw gak tau kalo chatuchak itu bukanya weekend doang, akhirnya beli2 baju lagi di mall gitu ah lupak lg namanya, mayan lah dapet beberapa dan murah-murah euy kan asik. Hahaha. Lalu malemnya kita ke chocolate ville, aduh di sini jauh banget tempatnya dari kota tapi super romantic sih ini uhuuuy.. sayangnya gada pacar..AGAIN hwahahaha

IMG_20170927_202756_HDR

Last Day Holiday :

Leha-leha di hotel, dan cus jam 10 an menuju bandara yang jauh itu lagi. Enaknya di Thailand itu ada Grab atau Uber, jadi enak kemana mana karena lebih murah naik itu dibanding sama naik kereta yang waktunya lebih lama dan kurang nyaman karena cape