If you were a father…

Temen gwa hebat banget deh bikin notes. By : Rudy Nasuha , temen TI ITB 2005

Menyambung tulsan teman disini…untuk dipublish lagi…hehehe
semoga bermanfaat..

Mimpi, bukanlah sekedar pengisi otak di kala tidur
Mimpi, bukanlah sekedar produk kontemplasi seorang pelamun
Mimpi adalah keindahan yang menuntut realisasi,,,
Dari sang pemimpi itu sendiri
Tidak perlu takut bermimpi, tidak perlu takut berandai-andai…
Dan aku ingin membawa kalian terbang sejenak,,dalam pengandaianku
Pengandaianku..Mimpiku..Ha

rapanku..Doaku..

Andai…

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku ajarkan Matematika pada anakku.
Bukan agar dia hapal rumus dan tabel perkalian, tetapi agar dia tumbuh menjadi intelektual yang mampu berpikir logis dan sistematis..

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku ajarkan Fisika dan Kimia pada anakku.
Bukan agar dia bisa tahu segalanya, tetapi agar dia tumbuh menjadi seorang bijak yang yakin akan kebesaran Tuhan..

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku ajarkan Seni pada anakku.
Bukan agar dia menjadi maestro yang dipuja, tetapi agar dia bisa mewarnai sanubari orang di sekitarnya..

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku ajarkan Olahraga pada anakku.
Bukan agar dia menjadi incaran gadis-gadis, tetapi agar dia tumbuh tidak dengan mendewakan ego..

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku ajarkan Sejarah pada anakku.
Bukan agar dia hapal tahun, nama, dan jabatan, tetapi agar dia tumbuh menjadi satria merdeka yang pantang menyerah..

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku ajarkan Sastra pada anakku.
Bukan agar dia bisa menghitung jumlah suku kata, tetapi agar dia tumbuh menjadi cendekia yang mampu menafsirkan ideologi dalam untaian kata..

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku ajarkan Pendidikan Kewarganegaraan pada anakku.
Bukan dengan mendiktekan pasal undang-undang, tetapi dengan berkunjung ke Panti Asuhan..

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku ajarkan Geografi pada anakku.
Bukan agar dia mampu menyelesaikan peta buta, tetapi agar dia tahu betapa kayanya negeri ini..

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku ajarkan Ekonomi pada anakku.
Bukan agar dia menjadi budak prinsip ekonomi (Mencari keuntungan sebesar mungkin dengan pengorbanan sekecil mungkin), tetapi agar dia tumbuh menjadi dermawan yang mau berbagi..

Andai…

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku antar-jemput anakku dengan angkutan umum.
Agar dia tahu bahwa mobil kantor tidak seharusnya digunakan untuk keperluan pribadi..

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku ajak anakku menonton rekaman video betamax Ksatria Baja HItam dan Power Ranger milikku.
Bukan agar dia menjadi korban imajinasi orang Jepang, tetapi agar dia tumbuh sebagai pejuang kebenaran..

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku katakan pada anakku,
“Nak, itu kakek-nenekmu,,Peluk mereka dan Ciumlah tangan mereka.”

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku bawa anakku menjelajahi cita-cita.
Agar kelak dia dapat menentukan jalan hidupnya dari panggilan hati, bukan iming-iming materi..

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku dekatkan anakku dengan Tuhan.
Bukan hanya dengan menyuruhnya shalat, tetapi juga dengan menjadi imam dalam shalatnya, inspirasi dalam kehidupannya..

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku ceritakan pada anakku..
Betapa hebatnya wanita, yang sekarang menjadi ibunya…
Betapa hebatnya wanita, yang sekarang menjadi neneknya..
Agar dia tumbuh menjadi pria yang pantas untuk bersanding dengan wanita hebat pilihannya…

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku katakan pada anakku bahwa aku mencintai ibunya..
Karena memang begitulah adanya…

Suatu saat nanti andai aku menjadi seorang ayah,
Akan aku pandangi keluargaku lekat-lekat dan mengucap..
Terima Kasih Tuhan…

Amin..

Mimpiku banyak, dan mungkin aku yang sekarang masih jauh dari aku dalam mimpiku..
Namun..
Mimpiku adalah janji yang menunggu untuk aku realisasikan,,

Mahasiswa ITB putra-putri terbaik bangsa, calon penghasil karya-karya terbaik bangsa..
Satu tugas yang mungkin sering lupa kita bahas
Tugas penting yang semoga akan kita semua emban nantinya..

“Menjadi Orang Tua Terbaik, untuk Putra-Putri Terbaik Bangsa Berikutnya”

~ by sankerenti on December 5, 2009.

Leave a Reply

 
