Prison is in Your Head

Kamu pernah gak masuk ke rumah tahanan??

Kamu pernah gak ketemu sama pemerkosa atau pencuri atau orang yang udah pernah korupsi atau sang Ariel Peterpan yang katanya udah melakukan hal yang menurut gw udah diluar akal pikiran gw, dan bilang kalau dia itu adalah salah satu penjahat?

Kalau pernah, kamu pernah gak ngobrol dari hati ke hati dan membuat mereka senang bahwa mereka tidak sendiri, bahwa mereka akan dapat diterima lagi di dunia luar sama seperti sebelum melakukan kekhilafan.

Halo Idan,,makasih udah mau kenalan sama gw,, walo umur kamu masih 15 tahun,, tapi kamu mau crita banyak ke gw tentang masalah kamu. Maaf ya gw ngelakuin inkonsistensi gw dan kamu. Pembaca maaf ya,,maklumin saya emang bukan penulis, saya cuma mau berbagi. Idan masuk ke rumah tahanan karena dia adalah seorang pencuri motor. Tau gak, apa yang dia bilang kenapa dia ngelakuin hal itu? Dia bilang dia gak tau lagi mo ngapain di rumah gak ada kerjaan, lalu dia ikut-ikutan geng XTC yang katanya paling besar di Bandung. Sebenernya coba deh dipikir-pikir, sebenernya apa sih keuntungan ikutan geng itu? Apakah bisa membuat kita pintar sehingga kita mendapatkan hadiah sebagai pelajar yang terpintar di Indonesia? Ataukah bisa membahagiakan orang tua karena berprestasi untuk memberikan manfaat bagi remaja di Indonesia? Kata Idan, XTC kegiatannya adalah ngebut-ngebutan di jalanan dengan motor. Idan juga udah punya sepeda motor di rumahnya tapi entah kenapa dia mencuri.

Lalu ketauan oleh pihak polisi. Pastinya dia langsung dikurung, tapi dia bilang gini ke gw “ Mana temen-temen XTC udah gak ada kalau saya sedang susah begini. Saya gak mau lagi ikutan-ikutan yang begituan. Mana mereka??” . Ketika masuk XTC Idan digebukin,, kasian gw,, trus kegiatannya adalah mabuk-mabukan dan lain sebagainya.

Kegiatan gw kemarin adalah menggali mimpi para tahanan. And you know what, cita-cita dia adalah menjadi montir di perusahaan Honda. Itu saja, simple. Dengan path lulus SMP dan masuk SMK, itu saja. Hai orang-orang di luar sana, yang tidak tau apa itu terkurung,, kalian gak ada batasan untuk berkarya at least untuk diri kalian sendiri. Kamu tau nggak kata-kata terakhir Idan tentang mimpinya apa? Dia bilang “ Pokonya saya mau menunjukkan ke ayah dan ibu saya bahwa saya bisa, saya gak mau lagi seperti ini. Saya akan berubah menjadi lebih baik “. Halo teman-teman di luar sana yang suka mabuk-mabukan namun tidak melakukan kejahatan dalam pasal-pasal polisi. Apakah kalian pernah berkata seperti itu? Kalian pernah melihat bagaimana perjuangan seorang ibu untuk anaknya? Dan doa apa yang selalu dipanjatkan orang tua buat anaknya tersebut? Renungilah…. Begitu pula orang tua,, ayo kalian bisa mengarahkan mereka menjadi apa yang mereka impikan. Mereka butuh bimbingan kalian dengan senyuman dan sentuhan tangan di bahu mereka yang menandakan kalian selalu ada untuk mereka. Mimpi tidak ada mimpi besar maupun kecil,,semua sama ,, semua harus diresapi dan adanya action yang pasti demi diwujudkan.

Pandanglah orang dengan kedua matamu, pandangan sebelah mata tidak akan baik bagi dirimu maupun orang lain itu sendiri. Setiap orang butuh dukungan, setiap orang punya mimpinya. Jumat besok Idan keluar dari rumah tahanan. Selamat berkarya ya Idan. Tunjukkan pada orang tuamu ya. Semoga kita bertemu kembali. Cheers.

~ by sankerenti on July 26, 2011.

One Response to “Prison is in Your Head”

  1. Dilihat belum tentu terlihat, di dengar belum tentu benar.
    Setiap orang mempunyai maksud, jalan dan tujuan berbeda

Leave a Reply

 
