Pertandingan Akademis Nasional Pertama Sankerenti

Team gw adalah Isabelle Aranditha dan Yessie Fransiska. Kita sama-sama anak MSM ITB. Pertandingan yang kita ikutin namanya CRMS 2011 dari Unpar (November 2011), ngebahas tentang Management Resiko perusahaan. Perintahnya sih kita di suruh bikin Teaching Note, namun eh namun gak ada tuh diantara gw, bebel sama sic is yang ngerti Teaching Note itu apaan, makanya kita menginterpretasikan ke Solving Problem.

Perusahaan yang kita pilih untuk di bahas itu adalah PT. Kereta Api Indonesia, dengan permasalahan yang paling diliat adalah sisi operasionalnya. Kesimpulan dari proposal yang diajuin adalah :

Penurunan citra perusahaan PT. KAI didorong oleh adanya penurunan jumlah penumpang kereta api beberapa tahun terakhir. Salah satu akibat dari penurunan penumpang kereta api ini adalah banyaknya jumlah kecelakaan yang terjadi. Peristiwa kecelakaan yang tejadi antara lain tabrakan kereta api dengan kereta api, tabrakan kereta api dengan kendaraan umum, kereta api anjlok, kereta api terguling.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan kecelakaan kereta api, diantaranya adalah kurangnya pengetahuan dan kesadaran pekerja untuk meminimasi terjadinya kecelakaan, kurangnya sarana dan prasarana terutama masih adanya gerbong lokomtif yang berusia tua masih beroperasi, belum adanya budaya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang sangat ditekankan oleh pihak manajemen terhadap setiap lini operasi perusahaan, serta komitmen dari pihak manajemen yang kurang untuk menuntaskan permasalahan kecelakaan kereta api.

Sistem perawatan perusahaan yang kurang baik merupakan inti dari permasalahan kecelakaan kereta api dilihat dari segi pelaksanaan yang tidak sepenuhnya berjalan semestinya akibat dari kurangnya dana yang mendukung. Setelah dilakukan evaluasi risiko permasalahan yang ada, didapatkan bahwa frekuensi terjadinya kecelakaan tinggi dan dampak dari kecelakaan yang rendah.

Berdasarkan kesimpulan atas apa yang terjadi di PT. KAI, maka yang menjadi pertanyaan untuk menindaklajuti hal ini adalah : Upaya apakah yang seharusnya PT. KAI lakukan untuk mengurangi frekuensi kecelakan dan menghilangkan dampak dari kecelakaan kereta api, sehingga dapat memperbaiki citra PT. KAI?

Dari kesimpuan tersebut kita mencari data dengan cara secondary data dari internet dan satu lagi mewawancara narasumber yang terkait, dan itu adalah om dan bapak gw ahahahaha,,dodolita kan. Laporan dibuat adalah H-2 LOL…Laluuu,,kita di email masuk 10 besar nasionaaaaaal duwooong. Senang sih senang,,tapi bebannya adalah ,,emang laporannya ada isinya ya, isinya apaan ya?? Hwakakakak.

Peserta ada yang dari UGM, IPB, Unpar, PPM huhuuuy. Presenter2nya itu kebanyakan kurang bisa mengatur waktu persediaan 10 menit yang diberikan. Makanya banyak banget yang gak sempet nyelesaiin ampe akhir. Yang berhasil Cuma kelompok kita sama anak dari IPB,, udah sangat positif kayaknya menang, namun eh namun peserta terakhir itu ampe kayak bikin role play dalam presentasinya sama anak PPM bikin teaching note di mana kelompok lainnya gak ada yang bikin. Maka pemenangnya yang bisa dapetin duit-duit banyak itu adalah :

Juara 1 : IPB (gara-gara on time dan detail penjelasannya gak A I U)

Juara 2 : IPB (gara-gara role play)

Juara 3 : PPM (gara-gara teaching note)

Hiks,,,aku mau menaaang puhleaseeeee,,tp gapapa lah taun depan ikutan lagi aaaah LOLImage

~ by sankerenti on December 8, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: