Keliling Sight Seeing Delhi

  1. Dilli Haat

Ceritanya ini katanya market terbagus yang ada di New Delhi. Pas ke sana aku baru tau kalo masuknya aja kudu bayar dah. Sekitar 20 rupees atau sekitar 4000 rupiah. Pelit bener dah kalo misalnya masuk gini-gini aja kudu bayar. Pas masuk kukira di sini itu termurah dari segalanya, eh ternyata termahal dari seaglanya. Mana barang-barangnya itu sama aja kayak di tempat lainnya. Malah market lainnya super murah-murah dan bisa ditawar gila-gilaan. Kalo menurutku sih ini cuma buat referensi harga aja dan cuma buat liat-liat. Cuma ternyata ada satu barang yang gak ada di tempat lainnya.

2. Gurudwara Bangla Sahib

Nah lagi-lagi aku gak tau kalo ini tuh tempat sembahyang orang hindu. Pas tau, kan kalo tiap ke kayak gini-ginian kudu lepas sepatu dan kudu kayak pake penutup kepala. Terpaksa deh kudu pake penutup kepala yang gentian sama orang-orang. Pas kupake baunyaaa howwwweeeek. Huhuhu.. Tau gitu bawa syal yang aku bawa dari Indonesia. Tempatnya di sini rada lumayan bagus, ada semacam kolam besar untuk ikan-ikan, tapi ada beberapa orang yang mandi di situ. Trus di dalam mosquenya ada seseorang yang duduk di tengah, kalo kataku sih itu Gurunya mereka dan kayaknya di sini itu adalah mosquenya orang-orang Punjabi yang pake topi-topi besar penutup rambut mereka itu. Gelonya pas kesini tuh sendirian, hebat kan gw,,minta orang sana sini untuk motion hahahaha.

 3. Humayun’s Tomb

Nah ke sini juga sendirian. Lagi-lagi kalo masuk semacam fort-fort an kudu bayar. Bayarnya dibedain pula antara orang India sama orang luar. Bedanya gak kira-kira, sekitar 25 kali lipat dan itu gede banget. Aku mau licik nih waktu itu, jadi pake tiket India. EEEHHH ketauaaaaaaan. Sialaaaan.. Padals ebelum-sebelumnya aku gak ketauan, sayang sekali di sini ketauan. Kampret. Emang sih di sini lebih banyak yang dateng daripada lainnya cuman isinya gak ada apa-apa juga kok, cuma gitu-gitu aja. UUUHHH. SIauuul.

 4. India Gate

Untungnya ke sini pas awal-awal dateng, bareng sama yang lain-lainnya. Keistimewaannya gak ada, ya lagi-lagi cuma gitu-gitu aja, pemandangan biasa, paling bagus adalah pas ada cahaya di malem hari. Sengaja ke sininya sore-sore, dan bisa liat dari 2 sudut pandang, yaitu pas lagi cerah dan pas lagi gelap. Orang India dan orang luar juga banyak ke sini.

 5. Jama Masjid

Waktu ke sini itu pas lagi ngerayain Idul Fitri dan bareng-bareng sama anak PPI India. Kebetulan pas ke sini lagi gak solat jadinya ya ikut-ikut aja masuk. Begonya adalah aku ngeliatin ke si petugasnya kalo bakal bawa kamera, tau gitu aku umpetin, soalnya kalo bawa kamera itu bayarnya 300 rupees, sialan kan. Dan temen lainnya ada yang ngumpetin jadi dia gak bayar. Huhuuu. Tempatnya ada tempat wudlu di tengah-tengah tapi kotor ,, yaiiksss.

 6. Jantar Mantar

Ke sini barengan sama Mala doang (anak AIESEC bandung juga), dia dari Jaipur dateng ke sini buat jalan-jalan. Ya udah deh muter-muter Delhi, nah ini ni yang rada sukses karena bisa bayar pake tiket India gak ketauan. Tapi sayangnya ini tempat kurang bagus pisan karena cuma kotak gak ada apa-apa banget, malah lebih bagusan Humayun’s Tomb. Banyak orang India yang ke sini cuma buat pacaran. Lagian mereka enak bener ke sini cuma bayar 5 rupees doang alias seribu rupiah aja.

 7. Lotus Temple

Ini yang terakhir di kunjungi dan keadaannya bisa di liat kalo tiap kali kerja, jadi lokasinya antara Kalkaji Mandir sana Nehru Place. Masuk ke sininya gratis cuman kalo kata orang Romania ini juga gak ada apa-apanya . Hmm mari dibuktikan. Tapi menurutku ini bagus dari yang lainnya karena bentuknya aneh dan bukan fort.

8. Parliament House

Ke sini sama Mala juga. Sialnya udah cape-cape jalan dari Metro Station karena di kira deket, eh taunya gak boleh masuk, tau gitu kenapa dimasukin dalam buku travelling Delhi. Tau gitu kan gak usah buang-buang waktu untuk ke sini kan yak. Zzzz.

 9. Purana Quila

Sialnya lagi pas ke sini gak punya uang kecil, jadi kan gak bisa boong dengan make tiket India. Aku sih maunya ke sini make tiket India, apa mau di kata. Tempatnya sebelahan sama Kebun Binatang nasional India. Ada aja orang yang masuk ke kebun binatang itu, padal kalo di piker-pikir paling isinya juga ada di luar kebun binatang juga kaleee kayak sapi monyet tupai dll. Kalo kondisi Purana Quila sendiri juga bersih dan lumayan bagus karena luas dan bentuknya juga lumayan masih tertata rapi. Banyak juga yang pacaran karena lagi-lagi kalo oran India harganya cuma sepuluh.

 10. Qutab Minar

Nah ini bodo pisan, gak berani nipu akhirnya bayar pake tiket orang asing seharga 250 yang dibandingkan dengan para orang India yang harganya Cuma 10 atau 20an. Shit. Isinya juga bagus, karena dijaga dengan bersih, tapi banyak puing-puing, yang terkenal adalah menara tinggi itu.

 11. Red Fort

Udah kebeli ni tiket Indianya, cuma aku berani gak ya masuk secara diam-diam, bisi ditanya pake bahasa India euy dan aing gak bisa ngomongnya, Huhuhuhuhu. Isinya jadi gak tau. Tapi katanya bendera yang dipasang itu adalah bendera terbesar yang ada di India. Pantesan pas nyari-nyari bendera pas mereka lagi ulang tahun aja gak ada sama sekali tuh yang jual di jalanan kayak kalo Indonesia lagi ulang tahun.

 12. Rasphati Bhavan

Kalo ini liatny dari kejauhan waktu mau ke India Gate. Lokasinya rada jauh euy jadi males jalannya lagi. Cuman kalo kataku sih percuma ke sana, pasti gak di bolehin masuk juga. Soalnya kan milik pemerintah.

 13. Safdarjung’s Tomb

Nah kalo Safdarjung’s Tomb ini berhasil juga beli pake tiket India, tapi isinya lebih parah dari Humayun’s Tomb. Udah gak ada apa-apa, aku kejebak pula sama orang India yang mau jadi guide aing, dia pura-puranya jelasin dikit, nah sebenernya aku males tapi gak tau kalo dia bakalan minta tips. Ya udah kukasih aja tips kembalian uang tiket, yaitu cuma 5 rupees alias serebu hwahahaha. Kopet pisan aing.

 14. Sacred Heart Cathedral

Nah kalo ini agak deket sama Gurudwara, jadi ke sini cuma jalan paling 5 menit. Nah ke sana pas lagi hari minggu jadi pada banyak yang lagi berdoa. Ini pertama kali masuk gereja, dan sebenernya isinya ya gitu-gitu aja juga sih. Dan baru diketahui kalo orang India pada umumnya gak bisa motret. Aku minta motret di situ yang di potret aku doang, padal kan pengennya sama bangunannya. Zzzzz.

 15. Akshardam

Ini paling bagus dari semuanya karena isinya tuh tertata rapih, kayak mau masuk ke hotel mewah. Terdapat fountain show dan itu bayarnya Cuma 30 kalo mau nonton. Untuk masuk ke sini gak boleh bawa apa-apa. Aku hanya bawa dompet sama passport aja. Sisanya di tinggal di luar di tempat penitipan barang. Kayaknya super sacral banget doa-doanya dan bangunanya bagus banget kayak emas gitu, tapi kalo kata temenku sih di sini gak ada emasnya sama sekali. Aku gak berani ah nipu untuk masukin kamera di pantat, bisi dipenjara, sieun. Ke sini akhirnya 2 kali karena emang aku rasa ini super bagus bangeeet.

~ by sankerenti on September 18, 2012.

3 Responses to “Keliling Sight Seeing Delhi”

  1. Wuah santi postingnya borongan nih dr semalem🙂

    • ahahahahhaha,,iya gara-gara aku bikinnya di word dulu ahahahaha,

    • oiya mas agung mau nanya nih,,gmana caranya upload video ya?? ini aja upload gambar susah betul,,makanya aku lelet jadinya 2 hari postingnya,,kalo gampang sih dari kemaren juga udah beres..lemoot bener ini uploadnya yaak,,zzz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: