SC Coll Secondary

Start from 1 September 2013, saya dipindah di sub divisi lainnya, padahal kerjaan yang kemarin juga baru 3 bulan saya pegang jadi juga belum jago2 amat dalam hal scheduling2an truck. Memang setiap pekerjaan ada plus minusnya seperti yang telah saya utarakan di artikel blog sebelumnya. Kalau asalnya saya berada di primary, saat ini saya berada di secondary. Kerjaannya ngapain aja sih? Sumpeeeh udah 3 minggu di sini juga belum tau banget2 tuh kerjaannya ngapain aja. Yang sudah dilakukan oleh saya ya paling juga supply map yang dalam pengertian saya masih masalah kapasitas pabrik untuk setahun ke depan yang dipecah2 terhadap para distributor besar dan depo seberapa banyak tiap bulannya. Dengan adanya penambahan entah jalur produksi di salah satu pabrik atau pabrik baru yang akan menambah alokasi produk yang didapatkan tiap minggunya untuk mereka dan dari pabrik mana sajakah itu.

Lalu selanjutnya yang kutau adalah masalah stock allocation. Hmm ini sih hampir mirip dengan yang tadi, namun gatau deh bedanya tuh breakdownnya lebih2 lagi dari masing2 SKU (tipe produk yang bakal dikasih) sama per pulaunya gmana. Contohnya kemarin untuk gallon di Sulawesi berapa dengan kapasitas produksi sekian untuk satu tahun dipecah ke dalam Modern Trade dan juga General Trade itu seberapa dapetnya dan dibandingin dengan targetnya untuk satu tahun kedepan, dilihat juga budget di tahun depannya itu. Sedangkan perbedaannya untuk beverage yang iklannya orangnya miring2 kalo belum minum itu, gak ada constraint dari kapasitas produksi sehingga ya gak perlu dipecah2 per SKUnya, hanya per daerah penjualannya.

Nah after ini nih masih gatau , gw kayaknya disuruh buat gmana caranya supaya ga ada lagi WOM Meeting. Meeting ini adalah meeting pembagian produk. Jadi tiap minggunya ada kalkulasi dari team planning untuk ngeliat seberapa banyaknya produk yang akan dijual 2 minggu ke depan dengan melihat pabriknya ada issue2 tertentu berdasarkan masing2 SKUnya missal si pabrik X aka nada halal bihalal di tanggal sekian sehingga gak bisa produksi sekian jam yang akan ngaruh ke total produk yang dihasilkan.

Nah caranya nih yang lagi aku cari, tapi itu sulit deh kayak harus cari tau dari divisi divisi lain sedangkan mereka sulit untuk ditemui. Mana direktur aku galak deh,,untungnya dia lagi gak ada di Indonesia selama 2 minggu ini jadi gw keliatannya gabut parah. Padahal pas dia udah pulang nanti gak tau deh kehidupan saya akan jadi kayak gmana. Huhuhu,,panik broooh.

Selain itu PR lainnya adalah gmana caranya supaya eksekusi dari PO yang terjadi di market itu bisa gak naik turun sehingga dalam forecastnya itu akan lebih mudah. Jadi kalo ada kelebihan produk kira2 mau dikasih kemana berdasarkan persentase prioritas. Hwaaaah dung stak dung ces. Masalahnya ini di atas aku ga ada manager, dia lagi nyari jadi wee kerja sorangan. Ga ada banyangaaaaan..heuheuuu..

 

~ by sankerenti on September 19, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: