Apa Rasanya Kerja di Perusahaan Stainless Steel?

Hmm apa yaa?? Kantornya adalah di Osaka jepang tepatnya di depannya percis chiyoda station Osaka prefecture. Hmm,,di sini sama percis sama kerjaan saat internship S1. Alasannya adalah sama-sama perusahaan Jepang, culturenya mirip2. Yang paling mirip adalah ngelakuin senam pagi sebelum masuk. Beneran senam karena ada lagunya gitu. Terus meeting sebelum masuk kantor yang ngomongin kira-kira hari itu mau ngapain aja. Kalo hari senin ngomongin presentase kegagalan produk brapa persen, kalo hari rabu ngomong ke divisi yang terkait (ke pabriknya), kalo hari kamis dah yang paling lucu yaitu ngomongin kesalahan pada gambar. Jadi ada gambar pekerja lagi kerja dan harus cari tau kesalahan yang dilakukan pekerja itu pada gambar tersebut. Semacam cari 5 perbedaan antara gambar atas dan bawah, smacam game-game jaman dulu hahaha.

Nah salah satu yang gw lakuin adalah membahas 5 S di mana mereka ada banyak banget gambar perubahan menjadi lebih efektif dan efisien serta ada convertan ke uang yen mereka sehingga pekerjanya mau ngelaksanain perubahannya itu

 Image

Kalo dari segi hitech2an ya mungkin system pembuatan stainless steel mereka di sini lebih keren karena udah langsung dari bentuk coil sampai langsung jadi pipa. Aku ga tau sih si Krakatau Steel udah sampe sejauh apa kehebatannya. Tapi kalo di sini setiap mesin untuk diameter yang sudah ditentukan, bahkan mereka bikin sendiri mesin yang bakal mereka pakenya. Hebat bener bro. Yang paling kasian adalah pekerja pabriknya, mereka ngelakuin hal yang sama setiap harinya. Ga ada bosen2nya, kalo orang Indonesia kan ya kalo bosen sama perusahaannya bakalan keluar dari kerjaan atau bahkan pindah ke perusahaan lain. Nah kalo orang Jepang itu kan sifatnya dedikasi gitu kan ya, jadi dia kalo udah masuk satu perusahaan akan jarang untuk keluar. Dan di sini bahkan banyak banget yang umur kerjanya udah sampe dua puluhan tahun gila gitu. Orang yang duduk di sebelah aku tuh kayaknya udah tua, dan dia tiap hari ngelakuin kerjaan yang sama tanpa bosen. Hebat amat pak. Sebelahnya sebelah aku bahkan katanya udah waktunya pension, tapi dia nambah beberapa tahun untuk kerja lagi. Mameeeen. Sedangkan 2 orang yang duduk di depan aku kerjaannya administrasi, tapi dia hebat banget deh,, less computer gitu jadi checknya manual kertas. Huwaaah,,hebaat yak betahan. Kerjanya kebetulan di divisi Quality Control. Mereka itu kerja semuanya, kan biasanya yang ngurus segala macem bagian operasional, eh katanya kalo di sini si divisi itu gak ada kerjaannya. Kerja sih kerja tapi gak sesuai context, kata mereka sendiri itu lho. Ruangannya itu ya biasa biasa aja sih, tapi di dalam ruangan ini ada alat pengecekan kekuatan besi. Jadi tiap harinya si bapak2 yang udah mau pensiun sama orang yang duduk di sebelah aku matahin si stainless steel satu-satu trus nyatet2. Nah pas stainless steel itu patah tuh bunyinya keras banget dan edan itu dia ngerjain selama berpuluh2 tahun, apa gak budge apa ya. Nah mana di sekitar gak ada yang pake pelindung kuping lagi. Ya udah aku sih daripada nyampe Indonesia budeg, cuma aku doang yang pake pelindung kuping bwahahaha. Bodo amat dah yang penting selameet.

Image

Waktu awal-awal dateng, dua minggu pertama super boring gila diajarin ttg mesin-mesin pembuat stainless steel pipe keliling pabrik sama diajarin verbal gt ttg quality control *DALAM BAHASA JEPANG. Pantesan aja temenku yang orang jepang jaman s2 suka tidur terus di kelas, ya iyalah gak ngerti sama sekali bahasanya bias nguap-nguap kali ngedengerin berjam-jam, hal yang sama terjadi tuh di sini..zzzz ngantuk melulu setiap hari setiap waktu.

Kalo minggu-minggu berikutnya sih udah lumayan lah ya suruh menyelesaikan problem-problem yang terjadi di masing-masing lantai produksi. Seminggu untuk pipa ulir, minggu kedua pipa pendek dengan diameter kecil dan besar bervariasi.

Nah gatau deh ni sebentar lagi presentasi kayak apaan untuk hasil dari 2 bulan ini. Curiga ancur, ancur deh hwaaa…doain aja deh yaaaak..

Masalahnya di sini lucu amatan deh ya, jadi ada semacam istirahat gitu. Jam 10 ada istirahat 10 menit sama jam 3. Semua pekerja ngemil dan ke WC dalam waktu ini. Dan ada salah satu ucapan dari HR di introduction yang dikasihin ke aku adalah jam ini digunakan untuk mempererat hubungan dengan workmate. Baaah jadi kalo gak ada istirahat, gak akan deket gitu yaaak,,,ngeeek.

Jam tersebut adalah jam yang paling menyenangkan karena bias leha-leha walaupun lagi banyak kerjaan atau bahkan lagi gak ada kerjaan. Lalu ibu-ibu depan aku itu yang duaan selalu ngasih makanan enak setiap harinya. Ibu yang sebelah kanan selalu setiap hari ngasih 4 kue, jadi ceritanya 2 buat dimakan siang, 2 buat dimakan sore. Yang ibu2 di sebelah kiri emang jarang banget ngasih tapi kalo ngasih enak-enak deh. Nyam nyam kan!!

Image

Kerja di Jepang enak gak sih, beberapa enak beberapa nggak. Enaknya adalah di luar negri, bukan Indonesia, salary lebih tinggi tentu saja. Jamnya jelas,,gak ada korupsi jam di sini. Nggak enaknya hmm, kudu bisa bahasa Jepang, sabtu ada masuknya juga nih zzz, gak bias gossip sama sesama pekerja pengennya sih gossip dikit2 ehehehe. Temen aku ada nih ya, dia orang Indonesia yang kuliahnya di sini, dan dapet kerja di sini, dia jg gak betah ni katanya mo pulang mulu hahaha. Dia gak betah karena gak tau jobdesk jelasnya apaan, karena suka di kasih kerjaan tapi yang ngasih kerjaan pun katanya suka nggak ngertian apa-apa. Hahaha geloo..

Image

Namun, setelah semuanya berakhir, akhirnya jobdesk gw adalah suggestion improvements for several division in there. Actually kerja di 4 department , jadi tiap minggu semacam ganti supervisor. Lumayan lah ya ganti2, jadi gw gak bosen, yang bosen ya pekerja lain aja, jangan gw hahaha,,gelo. Hmm,, dan gw pikir cuma bakal buat laporan aja, eh si AIESEC tiba2 nyuruh2 presentasi. ya udah gw buat aja yang mereka belum pernah liat pake prezi, padahal prezi udah lama kaleeee…tapi ya udahlah karena PC kantor yang dikasih gak ada Power Pointnya, ya udah pake prezi aja dah.

Lumayan lah presentasinya mungkin 90% gak ada yang ngerti karena gw pake bahasa INGGRIS,,,, BZZZZ,,, mengapa mereka ga bisa bahasa inggris mamaaak…

Image

 

Terima kasih banyak ya semua, terutama Midori, Mr. okumura, Hayata San, Matsumura, Ooyabu San, Hishimoto San. Aduuuh,,coba aja gw bisa bahasa Jepang. pfft…siapa tau direkrut,,LOL

~ by sankerenti on March 20, 2014.

One Response to “Apa Rasanya Kerja di Perusahaan Stainless Steel?”

  1. Saya bekerja diperusahaan pembuatan pipa ornamen, bisa dibantu untuk dicarikan kepala produksi, soalnya sy lihat ada gambar coil……hp 08778 2600 432

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: