CANADA – DAY 9 (1 July 2017)

•July 25, 2017 • Leave a Comment

Happy Canada day. Jadi hari ini adalah hari ulang tahun Canada ke yang 150. Banyak kegiatan di seluruh Canada. Gw ada di Montreal dan setiap tahunnya pasti di Downtown ada parade. Tiap Negara mempersembahkan sesuatu di parade tersebut. Indonesia termasuk si nyinyi ikutan parade tersebut, mereka nari tarian jawa yang cewenya. Yang cowonya jalan aja pake baju daerah. Untuk Negara yang lain-lain ya terserah mereka kayak kalau dari Brazil mereka nyanyi-nyanyi lagu sana. Kalau dari Jepang mereka pukul genderang Jepang gitu. Ada lagi Negara-negara kecil yang gw pun bahkan gatau mereka pake kostum negaranya masing-masing. Sayangnya hari ini hujan tapi gak deres-deres amat, mereka keujanan sedikit tapi tetap semangat.

Kalo misalnya gwa ada di Ottawa sih pastinya mau nemuin Justin Trudeau, tapi apalah mau di kata. Lalu pas ulang tahun ini banyak asesoris Canada yang di jual di toko-toko seperti Dolarama, di mana barang-barangnya murah, nah di sana deh aku beli oleh-oleh buat semua orang. Soalnya dianggepnya murah plus lumayan, ada banyak asesoris Canadanya.

Lalu emang sih acaranya beres jam 2, lalu kita segera pulang gitu karena Dek Ila mau adain acara akekahan anaknya yang baru lahir 1 bulan. Nah di sini kumpul sama orang-orang Arab gitu. Wah pokonya cukup beda, karena yang acaranya jelas adalah bagian laki-lakinya aja. Mereka sampai baca Al-Qurán segala, kita cewe-cewe Cuma ngobrol-ngobrol doang. Acaranya menurut aku kurang jelas mulai jam brapa selesai jam brapa jadi banyak orang Indonesia yang pulang duluan. Karena orang Arab kayaknya udah biasa bikin acara lama gitu, jadi mereka stay entah kayaknya sih sampai malem. Btw, kakaknya Ibrahin (suaminya dek ila, super cantik banget) Gilee,,, pariah sih.

Nah setelah selesai acaranya dek ila ini, aku sama nyinyi sama ali nonton fireworks karena hari ini Canada ulang tahun di Cartier Bridge, sebenernya kita bisa aja sih ngeliat dari bawah, tapi katanya paling seru di atas jembatan, plus kalau di bawah tuh banyak yang narkoba dan minum-minum. Jembatan tersebut sengaja di tutup untuk orang-orang nonton. Lalu acara kembang apinya dimulai jam 10 sampai dengan jam 11 malem. Nah kebetulan yang kita liat adalah kembang api dari Negara Canada. Jadi biasanya kalau summer, Juli gitu setiap minggu ada kembang api dari Negara-negara yang berbeda. Minggu depan dari tanggal 1 ini kalau gak salah kembang apinya dari Poland.

Setelah acara selesai semua orang pulang lari-lari karena ujannya sumpah deres abis. Gilak,,lalu pas reda kan kita pulang pakai subway, nah subwaynya ngantri gilak. Cape deh..

Advertisements

CANADA – DAY 8 (30 June 2017)

•July 24, 2017 • Leave a Comment

Hari ini gw gak ngapa-ngapain hanya istirahat2 aja, ngeliat si Nyinyi latian nari buat Canada Day di tanggal 1 julinya, lalu kita ke mall-mall deket-deket situ buat liat-liat doang, sisanya di rumah tidur-tiduran. Still happy day

IMG_20170630_135832

•July 24, 2017 • Leave a Comment

Kembali ke Ottawa, karena kita mau liat Parliament Hills, taunya karena gak book dari jauh-jauh hari tiket buat masuk ke sananya sudah penuh, gak bisa liat apa-apaan. Karena juga Canada 150 party bakalan terjadi 2 hari kemudian, makanya di depannya Parliament hills tersebut ada panggung gitu. Katanya sih si Justin Trudeau bakalan di sini tanggal tersebut, tapi apa daya aku udah balik ke Montreal tanggal segitu, kesel jugak.

Nah disini gak ada apa-apaan lagi, kita Cuma kesitu doang gara-garanya macet banget sekota, akhirnya ke Popeye doang dan pulang ke Montreal, saking jauhnya perjalanan di Ottawa hanya 2 jam aja.

IMG_20170629_151259

CANADA – DAY 6 (28 June 2017)

•July 24, 2017 • Leave a Comment

OH MY GOD NIAGARA FALLS,, KEREEEN BANGEET.

Di sini ada banyak atraksi sebenernya, sebanyak itu, tapi kita pilih yang lagi diskon aja yaitu 4 yang terfavorit. Diantaranya adalah :

1.Niagara Fury : ini sebenernya 4D didalam ruangan, pertama-tamanya diceritain bagaimana Niagara Falls itu bisa terjadi, kejadian alam apakah yang nyebabin hal itu, abis itu kita masuk ke ruangan lain yang melingkar, da nada layar ngelilingin kita, dan banyak adegan-adegan 4D kayak di semprot air, di kasih angin kenceng banget dan lain sebagainya. Di sini kita tetep di suruh pake jas hujan warna biru karena emang kena air jugak ahahaha

IMG_20170628_092001.jpg

2. Journey Behind the Falls : nah ini pun keren banget, jadi kita kebagian bisa liat fallsnya dari samping dan juga dari dalamnya yang untuk Canada side ya,, Jadi sebenernya Niagara Falls itu terdiri dari 3 Falls. Yang 2 bisa keliatan dari USA side, tapi yang satu lagi hanya bisa diliat dari Canada side aja. Nah ini nih gilaaak, super shock di semprot2 sama fallsnya aaak seneng banget, kalau angina kenceng lebih gila lagi basahnya. Masih bisa ngerasain rasanya di sana. Kalau punya kamera bagus tahan air pengen banget bisa bikin video gitu hahaha. Di sini kita dikasih jas hujan warna kuning

IMG_20170628_1303233. White Water Walk : di sini sebenernya garing, tapi intinya kita berada di pinggir hutan dan ngeliat bagaimana arus dari Niagara Falls tersebut bergerak. Walaupun udah jauh dari air terjunnya, tapi arusnya super kenceng banget, jangan sampai deh kita nyebur, bisa ga jelas kabarnya nanti. Nah pinggir hutannya pun kita harus turun sama lift cukup jauh bermeter-meter gitu.

IMG_20170628_1416254. Hornblower Niagara Cruises : ini yang terepik dari segala-galanya. Kita naik kapal untuk ngeliat fallsnya dari segala arah secara deket baik yang dari Canada side maupun yang dari USA side. Jas hujan yang dikasih adalah warna merah, ini untuk nandain kalau kapal ini milik Canada, yang dari USA side dikasih jas hujan warna biru. Oh my god, ini keren banget gak akan bisa lupa gmana rasanya sedeket itu sama si air terjun. Pengen balik lagi…

IMG_20170628_162600

Selain itu ada banyak atraksi lainnya kayak naik kereta gantung, di mana kita bisa liat Fallsnya dari atas, lalu ada naik sepeda, ada liat burung-burung, lalu ada yang makan di restoran situ, ada juga permainan zipper line, tapi gak sekeren di Pacitan sih hahaha.

Oke sorenya kita makan di Popeye kesukaannya si nyinyi dan ali. Soalnya ini semacam KFC tapi halal karena ayamnya dipotong pakai bismillah

hehehe

CANADA – DAY 5 (27 June 2017)

•July 24, 2017 • Leave a Comment

Sampai di Toronto, kita muterin kotanya. Tapi hanya sebagian aja sih, dikasih waktu dari jam 12 sampai jam 4 aja karena abis itu kita sorenya akan menuju ke Niagara Falls. Oke kemana aja kita di Toronto ini, jadi kita ke so pasti ke CN Tower, tower tertinggi di Toronto atau bahkan Canada, gilaak seneng banget, sebenernya kalau masalah dalemnya mirip-mirip sama di Negara-negara lainnya yaitu kita bisa liat kota dari atas, ada restorannya lalu ada tempat souvenirnya. Sama kayak di Malaysia Tower dan juga di Jepang kaya Tokyo Tower, tapi di sini bagus banget karena kotanya kiri danau yang super gede banget, bahkan bisa liat bandara Toronto, lalu di bawahnya lagi ada kereta api gitu. Keliatannya kayak lego. Dikasih waktu sampai sekitar jam 1 lalu kita turun.

Abis itu kita ke Toronto sign, yang agak jauh dari situ jalan kaki 10 menit. Harusnya kalau malem emang lebih keren lagi, tapi dapetnya siang dan agak mendung pulak, yaudah gapapa daripada nggak sama sekali. Di belakangnya Toronto sign ada museum gitu, tapi gak masuk dan di sebelah kanannya ada gereja gede banget gw ga tau namanya apa.

Selesai muter-muter di situ kita makan siang di sebuah mall dan makan-makanan afganishtan, kurang suka soalnya rasanya seperti bawang-bawangan. Tapi lucu sih , di Canada ini kita bisa ngerasain banyak makanan dari western, Chinese sampai dengan arab2an kayak gini.

IMG_20170627_142634.jpg

Nah si nyinyi tuh insist banget pengen uncle tetsu yang terkenal di jepang sana untuk cheese cakenya. Emang sih enak banget, tapi ngantrinya lama bisa sampai setengah jam sendiri.

IMG_20170627_151012.jpg

Udah deh abis itu selesai dan kita menuju kota selanjutnya NIAGARA FALLS

CANADA – DAY 4 (26 June 2017)

•July 24, 2017 • Leave a Comment

Sebenernya kita hari ini hanya keliling-keliling ke 1000 Islandnya aja. Jadi di sini itu adalah perbatasan antara Canada dan Amerika Serikat, naik boat ngelilingin banyak pulau-pulau kecil gitu di mana di sana banyak perumahan-perumahan nelaayan, bahkan entah siapa tuh artis ada di sana. Oiya Celine Dion. Nah mereka kalau mau ke kota kudu naik perahu dulu hwahahaha, tapi ya kalau kaya pada naik helicopter lah.. Di sini ada satu pulau yang ada castlenya. Yang bisa masuk situ padahal ada di USA adalah orang-orang yang beli tiket untuk 5 jam perjalanan, sedangkan kita Cuma beli yang 2 jam perjalanan. Itu aja udah cape banget. Btw pas di sini udaranya adalah 13 derajat dan paling tinggi adalah 17 derajat aja, jadi selama di atas boat walau keliatannya cerah tapi super panas banget. Untuk harga tiket gw gatau karena di bayarin hwakakakak. Di sekeliling-sekelilinnya seru banget ada deck kapal, ada canoeing ada museum-museum maritime tapi gak terlalu seru sih, ya yang seru naik kapalnya. Katanya sih Ali Nyinyi gitu-gitu baru juga pertama kali ngelakuin ini. Jadi mereka belum pernah sebelumnya. Seruuuuuuu…

Nah setelah dari selesai muterin 1000 island, kita langsung menuju Toronto dan nginep di sana, hotelnya lebih bagus dari yang di 1000 island memang dan makanannya lebih lengkap untuk makan paginya hahaha. Tapi overall mereka hanya makan beberapa makanan seperti waffle, roti, muffin, atau susu dan sereal aja. Hanya orang indo yang sarapannya adalah nasi hahaha.

IMG_20170626_093430

CANADA – DAY 3 (25 June 2017)

•July 23, 2017 • Leave a Comment

Marhaban ya Ramadhan, akhirnya gw ngerasain ngerayain Idul Fitri lainnya di Negara orang lain tanpa orang tua lagi. Sebenernya gak direstui sama orang tua tapi ya gmana lagi, aku cuma punya waktu banyak buat pergi jauh ya ini aja. Nah keadaan di sini gak begitu ramai. Solatnya aja jam 8 kalau di Indonesia sih jam 7 itu juga kalau nggak ketelatan. Nah mesjidnya sebenernya gak begitu jauh dari rumahnya mereka. Di sini yang Islam banyak banget dari Negara-negara lain juga banyak sampai-sampai karena mesjidnya gak cukup, jadinya solatnya dibagi ke dalam 2 kloter. Kebetulan di depan masjidnya adalah rumah orang muslim juga, jadi mereka bikin booth untuk kasih makanan-makanan gratis gitu, kebetulan mereka sepertinya orang Arab atau Pakistan gitu, jadi gw cobain makanan mereka, nyomot dikit hahaha.

IMG_20170625_082709

IMG_20170625_082755

Lalu setelah solat kita akhirnya pergi segera Ottawa di mana embassy Indonesia ada di sana, silaturahmi sama Kedubesnya katanya di undang gitu buat acara halal bihalal. Nah di sini ternyata keren banget deh, makanan-makanannya juga lengkap, persis sama kayak waktu di India waktu itu. Gak banyak ngobrol sama siapa-siapa karena gak kenal siapa-siapa tapi eh ternyata ketemu sama Nadia, temen zaman SMA 5, dia di sana sama keluarganya. So happy deh liatnya soalnya dia akan stay di sana selama 3 tahun. Enak banget kan tuh.

IMG_20170625_132642.jpg

Sebenernya sebelum ke Embassy itu kita sempet banget ke Museum Nasional Canada macem kayak di Jakarta ada Museum Nasional Indonesia, sumpah tempatnya gede banget. Di sini isinya banyak lukisan-lukisan gitu dan sejarah2 dari jaman Canada dulu sampai sekarang, btw kan Canada terdiri dari berbagai mayorisat komunitas dan bangsa, di sana jadinya seninya juga campur.

Abis itu kita selesai dan menuju ke 1000 Island, aaak seru banget tapi perjalanan ke sana jauh banget jadi abis di jalan dan kita akhirnya tidur di sana. Sebelum tidur, kita pergi-pergi ke luar dan akhirnya ke Tim Horton buat beli Tim Bits dan juga ke McD cuma buat beli es krim yang di Indonesia juga ada. Tapi lucunya adanya di sana udah self service, ada mesinnya gitu da nada pemberitahuan kalau beli McD itu gak sehat hwakakakak. Btw semua palang dan lainnya selalu ada lambing di benderanya Canada. Mereka jiwa patriotismenya tinggi amatan yak.

IMG_20170625_182351